Kamis, 19 Juli 2012

WAJAH GELISAH PARA PENCIUM SAJADAH

     Hidup...Hanya sekali, bisa dinikmati, bisa dihayati, bisa dibiarkan mengalir apa adanya. Sadarkah kita bahwa hidup kita ini sebenarnya semu. Bayangkanlah kita ini bagaikan mainan yg dibuat dan disetting dari awal dan dibuat sedemikian rupa agar melaksanakan semua yang sudah ditentukan. Lalu untuk apa kita gelisah? untuk apa kita takut? untuk apa kita risau akan hidup kita kedepan nanti? Hei manusia!! Kemana Tuhanmu? tak yakinkah kau pada Dia? Hingga hanya karena masalah dunia kau seakan lupa padaNya.
     Sebut saja namanya Yono, dia teman satu kerjaanku. Sebenarnya dia tidak satu departemen denganku, tapi kami sering ngobrol saat di tempat kerja. Kita berdua sama-sama selenge'an, mungkin itu yang membuat kita nyambung. Menurutku Yono ini jauh dari kata "baik-baik", minuman keras sudah jadi hal biasa baginya. Namun ada satu ceritanya yang membuat hatiku seakan tak percaya, cerita ini tentang seorang teman lamanya.
     Suatu hari di rest area, aku dan Yono sedang ngobrol santai. Seperti biasa dia duduk sambil sesekali menghisap sebatang rokok yang dipegangnya. Kami ngobrol ngalor- ngidul, hingga akhirnya dia bercerita tentang seorang teman lamanya.
"Di tempat kerjaku yang lama aku pernah punya seorang sahabat, dia satu bagian denganku. Namanya Bandi", kata Yono. Memang sebelum bekerja di tempat yang sekarang, Yono pernah bekerja di perusahaan lain. 
"Anaknya sangat baik, rajin sholat, dia juga pandai membaca Al Quran", lanjutnya sambil menghisap rokoknya.
     Aku sengaja tak berbicara, aku hanya menatapnya dan berharap dia melanjutkan ceritanya. Mata Yono menerawang jauh, dia seakan memendam sebuah kepedihan dalam cerita itu. Aku makin penasaran akan kelanjutan cerita itu, pasti ada sesuatu yang sangat dahsyat hingga bisa membuat seorang Yono yang selenge'an ini seakan merasakan kesedihan yang amat sangat.
     Sejenak kemudian Yono melanjutkan ceritanya, dia matikan rokoknya yang sudah habis ke asbak di depan kami. Sambil menyalakan batang rokoknya yang kedua dia mulai bercerita lagi.
"Bandi itu teman baikku, kami sering bertukar pikiran tentang banyak hal. Mulai dari masalah kecil sampai masalah yang besar, mulai masalah pekerjaan sampai masalah agama", kata Yono.
"Lantas apa yang terjadi padanya?", aku mulai tak sabar.
"Semua berjalan seperti biasa, hingga pada suatu saat Bandi mempunyai seorang pacar. Pacarnya non Islam, sebut saja namanya Rosa", jawab Yono.
"Setelah beberapa bulan berpacaran mereka akhirnya memutuskan untuk menikah, inilah awal dari perubahan sikap Bandi. Suatu hari setelah selesai jam kerja saat itu kami berdua sedang berada di loker. kebetulan loker kami memang bersebelahan.", lanjut Yono.
"Yon, aku mau kasih kabar. aku akan menikah dengan Rosa bulan depan, aku harap kau mau datang ke pesta pernikahanku nanti", kata Bandi.
"Wah...selamat ya bro, aku turut bahagia atas berita ini, aku pasti datang ke pesta pernikahanmu", jawab Yono
"Tapi ada sedikit masalah yon...", kata Bandi sambil menundukkan wajahnya. Dia terlihat sangat berat untuk melanjutakan kata-katanya.
"Ada apa bro, masalah uang ya? aku bisa bantu kok walau cuma sedikit", kata Yono
"Bukan itu yon, kau tahukan aku dan Rosa berbeda agama itulah masalahnya kami tak bisa menikah jika kami berbeda agama", kata Bandi.
"Lantas bagaimana dengan rencana pernikahanmu sob?", tanya Yono dengan nada cemas. Pikirannya mulai tak menentu, dia mulai mengkhawatirkan temannya itu.
"Maafkan aku yon, aku tak bisa mencegahnya. Aku sangat mencintai Rosa, diapun sangat mencintaiku. Memang benar kata orang, cinta itu butuh pengorbanan..... Aku memutuskan untuk berpindah agama yon", kata Bandi dengan terbata-bata.
     Jawaban Bandi sontak membuat Yono kaget, jantung Yono seakan ditusuk dengan pisau yang amat tajam. Yono hanya terdiam mendengar kata-kata dari sahabatnya itu. Tanpa sadar air mata Yono mulai membasahi pelupuk matanya, batinnya seakan tak rela jika temannya harus melepas akidahnya. Yono pun akhirnya mencoba untuk meyakinkan lagi sahabatnya itu akan keputusannya itu.
"Apa kau yakin Ban? kenapa harus dengan dia? kau ini anak baik, pasti kau bisa mendapatkan gadis lain. Coba kau pikirkan lagi Ban, ini bukan perkara sepele", kata Yono kepada sahabatnya itu.
"Aku sudah mantab dengan pilihanku Yon, hatiku tak bisa jika harus berpisah dengan Rosa. Mungkin ini sudah menjadi jalanku, aku harus menerima semua ini", jawab Bandi sambil menerawang.
     Suasana saat itu menjadi sunyi, tempat kerja mereka mulai sepi rekan-rekan mereka yang lain sudah mulai pulang. Kemudian Bandi mengeluarkan sebuah sajadah dan sebuah Kitab Al Quran dari lokernya. Sajadah itu terlipat rapi, harumnya pun semerbak seketika sesaat setelah dikeluarkan dari loker itu, dan kitab Al Quran itu walaupun sudah mulai usang namun tetap terlihat anggun di atas sajadah itu.
"Yono, kau adalah sahabatku yang terbaik. Sajadah dan Kitab ini tak layak lagi bagi diriku yang hina ini, maukah kau menjaganya untukku?", kata Bandi sambil menyerahkan sajadah dan kitab itu kepada Yono. Yono tak mampu berkata-ka
»»  READMORE...

Rabu, 18 Juli 2012

SYETAN DAN ULAMA, KEBODOHAN DI DALAM KEPANDAIAN

     Suatu hari seorang ulama ternama sedang dalam perjalanan menuju sebuah desa untuk mensyiarkan agama. Desa itu terletak jauh di pelosok, untuk mencapainya ulama itu harus berjalan kaki menerobos hutan dan melintasi sungai. Ulama itu melakukan ini semata-mata untuk menyebarkan ajaran agama yang sangat mulia.
     Hari sudah beranjak siang, matahari sudah berada di singgasana tertingginya. Tibalah ulama itu di pinggir sungai. Ulama itu bermaksud untuk beristirahat dahulu sekaligus bersembahyang dulu di pinggir sungai itu. Selepas sembahyang ulama itu memejamkan matanya, tanpa sadar akhirnya dia tertidur karena lelah.
     Akhirnya ulama itu terbangun, mungkin dia tertidur selama satu jam di pinggir sungai itu. "Baiklah, akan kulanjutkan lagi perjalanan ini.tinggal menyeberangi sungai ini dan sampailah aku di desa itu", kata ulama itu dalam hati. Tiba-tiba saat akan menyeberangi sungai dia melihat di pinggir sungai sesosok tubuh tua dan buruk rupa yang berlumuran darah. Ulama itu kaget, sejenak kemudian muncul rasa ibanya kepada orang itu.
     Ulama itu lantas bertanya pada orang itu, "Siapa kau, dan gerangan apa yg terjadi padamu hingga kau menatap maut ditempat ini?"
Orang itu menjawab, "Tolonglah aku teman..aku tlah sekarat karenamu...jgn kau tinggalkan aku hingga maut kan tertawa melihatku,kita adalah saudara!!". Suara orang itu tersendat-sendat seakan-akan menahan sakit yang teramat sangat.
"Saudara?? aku tak punya saudara sepertimu!!". jawab ulama itu.
Orang itu berkata, "Tak sadarkah kau wahai temanku? kau ada di dunia ini karena keberadaanku. aku adalah inti dari segala ajaranmu, aku adalah musuh sekaligus temanmu, aku adalah syetan!!"
     Ulama itu kaget dan mundur beberapa langkah. "Sungguh Maha Besar Tuhan, karena Dia tlah membuatmu seperti ini. Aku tak sudi menolongmu karena kau adalah musuh terbesarku"
Syetan berkata, "Tak sadarkah kau wahai pak tua dengan kata-katamu itu? jika aku mati kau juga akan mati!! Untuk apa kau ada jika aku tlah tiada?? Orang-orang tidak akan membutuhkanmu lagi jika aku menyambut maut saat ini. Kau ada karena kehidupanku di dadamu, kau ada karena kebencian orang-orang itu kepadaku. Sadarlah temanku, kau harus menolongku untuk kelangsungan hidupmu!!". Syetan lalu tersenyum, dia tahu dia sudah berhasil memperdaya ulama itu.
     Mendengar kata-kata syetan ulama itu tergetar hatinya, dia gemetar seakan bimbang akan 2  pilihan. Lalu dia mendekat pada syetan itu. Ulama itu sudah diperdaya oleh syetan.
     "Maafkan aku temanku, aku tadi telah dibutakan oleh kebencian. kini aku sadar bahwa kau adalah kunci keseimbangan dunia. Kau harus hidup untuk kelangsungan dunia ini. marilah kawanku, kuobati lukamu di pondokku" kata ulama itu kepada syetan.
     Kemudian ulama itu membopong tubuh syetan yg berlumuran darah kembali ke pondoknya. Dia tidak sadar bahwa dia telah melakukan suatu kesalahan, dia tak sadar bahwa dibalik semua kepandaiannya terdapat kebodohan yg besar.Dia tak sadar bahwa walaupun dia seorang ulama besar dia tetaplah seorang manusia yang tak luput dari kesalahan.




( diponk ) 
»»  READMORE...

SALAH TAK BERARTI DOSA

Kecewa akan sebuah keputusan, menyesal karena satu kesalahan, itu semua adalah hal yg biasa. Semua orang pasti punya kelemahan, semua orang pasti berbuat kesalahan. Tapi apa hakekat dari kesalahan itu sebenarnya?
Kita semua pasti berharap sesuatu yg sempurna, sesuatu yg tak ada cela didalamnya. Tapi bagaimana kita bisa mencapainya kalau kita belum mengetahui apa itu cela? apa itu hina? apa itu salah? apa itu dosa?
Pada dasarnya tak ada kata indah bila tak ada kata buruk. Tak ada kata sempurna bila tak ada kata cela atau hina. Oleh karena itu manusia yg menuju ke tahap sempurna pasti akan lebih dulu mengecap rasa cela dan hina, rasa dimana dunia terasa akan berakhir. Manusia yg menuju sempurna pasti bisa belajar dari kesalahannya dan memperbaikinya.
Tapi pada akhirnya tak ada sesuatu yg sempurna selain Diri-Nya....


MARHABAN YA RAMADHAN
»»  READMORE...

AKU MENCARIMU TUHAN

Tak terasa hampir 6 tahun aku berada di sini. Tak kupungkiri kudapatkan semua ini bukan tanpa usaha, tapi kini aku mulai bosan dengan semua ini. Apakah aku harus tinggalkan semua yg selama ini ingin aku raih??
Aku bingung, kenapa semua idealisme ini bisa ada diotakku. Kenapa Kau uji aku dengan semua pengetahuan ini, segala kelebihan membuatku tertekan, segala pengetahuan membuatku bimbang.
Aku sadar Kau takkan memberiku cobaan melebihi kemampuanku, tapi sampai kapan semua pemikiran yg tidak jelas ini menjadi terang. mungkin aku yang kurang keras mencoba,tapi aku yakin aku sanggup melewati semua ini.
Atheis......paham itu sempat terpikir olehku, tapi kini kuyakin itu bukan aku. 
Kini kucoba tuk berserah kepadaMU, ku pasrahkan segala tujuanku padaMU....YA Allah....
»»  READMORE...

Senin, 16 Juli 2012

MENULIS ITU SUSAH, BENER NGGAK SIH???

     Menulis, sebuah kegiatan yang mungkin menyebalkan bagi anak sekolah. Tapi lewat menulislah kita bisa belajar atau mengungkapkan isi hati atau pikiran kita. Bagi sebagian besar orang mungkin menulis diangap susah. Menulis itu susah mungkin hanya tepat bila yang bilang itu adalah anak TK, yah secara anak TK baru belajar baca tulis. Lantas mengapa orang-orang dewasa juga bilang kalau menulis itu susah? mungkin bukan susah kali ya maksudnya, mungkin lebih tepatnya jika dibilang males. (hehehe...)
     Saya sendiri sebenarnya termasuk golongan orang yang males nulis, apalagi kalau yang ditulis soal pelajaran sekolah. Boro-boro disuruh menulis,membaca saja males. Dulu saat masih sekolah saya lebih memilih foto copy saja bahan yang disuruh untuk dicatat oleh guru saya. Lebih cepat dan tentunya nggak capek.
     Sebenarnya menulis itu mudah, tentu saja ini bagi orang yang hobi nulis dan nggak males. Keuntungan orang yang pinter nulis tuh banyak lho. Kita bisa mempengaruhi orang lain dengan tulisan kita itukan hebat, dan tentunya bisa jadi duit juga lho. Tapi bagi yang nggak bisa nulis atau lebih tepatnya kita sebut males, menulis bisa menjadi momok yang serius dalam proses belajar.
     Apa sih maksud saya nulis kayak gini? weits...sabar anak muda (yang udah tua juga ikutan gapapa). Bagi yang di hidupnya nggak punya keinginan untuk nulis atau males nulis wajib baca artikel ini. Di sini saya akan memberi tips agar kita bisa nulis dengan mudah, biar agak ngawur tapi tips saya ini mudah-mudahan bisa membantu. Berikut ini saya beri tips tersebut:

1.NIAT
     Niat, iya niat. Semua hal pasti harus diawali dengan niat, fardu ain itu hukumnya. Kalo emang nggak punya niat ya nggak usah nulis aja, mending tidur atau hang out dulu siapa tahu ntar nemu inspirasi di jalan sukur-sukur nemu duit juga. heehehee...
2.ALAT TULIS
     Hal ini juga wajib kalian miliki kalo pengen nulis, secara kalo kita nggak punya alat tulis mau nulis pake apaan. Simple aja,cukup sebuah bolpoint atau pensil dan secarik kertas atau buku. Dewasa ini mungkin nulis pake pensil udah nggak jaman lagi. Sekarang lebih simple kita bisa nulis pake laptop atau komputer, tapi harganya itu lho lumayan mahal.
3.JANGAN MALES
     Mungkin ini yang paling susah. Kita sering mentoknya ya sama masalah yang satu ini. Yang namanya males tuh emang musuh besar bagi kemajuan bangsa dan negara, jadi kita harus memusnahkannya dari bumi pertiwi ini.
     Bagaimana cara ngilangin males? kita males tuh pertama karena ngantuk, jadi suplai darah dan oksigen ke otak kita kurang secara denyut jantung orang yang ngantuk sedikit melambat. Supaya kita nggak males caranya dengan melakukan sedikit pemanasan tubuh, yah push up 100 kali atau lari 10 Km mungkin sudah cukup.
4.JANGAN TAKUT UNTUK MENGELUARKAN IDE-IDE GILA
     Kita nulis pake tangan kita sendiri, pake pikiran kita sendiri, pake pensil kita sendiri, pake buku sendiri, pake laptop sendiri, pake baju sendiri, pake celana sendiri, pake sempak sendiri, pake bla bla bla sendiri jadi ngapain takut untuk mengeluarkan ide kita. Nggak usah khawatir sama orang lain, mau suka mau enggak terserah mereka toh kita juga nggak maksa mereka untuk baca tulisan kita.
Satu lagi sebuah hal yang besar seringnya diawali oleh ide-ide gila. Bayangin aja, orang yang nemuin pesawat terbang mungkin dulunya juga dianggap gila kan. Secara bagaimana mungkin mereka bisa menerbangkan besi sebesar itu kalo dipikir-pikir.
5.JANGAN TAKUT UNTUK MECOBA
     Ini penting, yaiyalah...secara kalo nggak dicoba kapan mulai nulisnya? Nggak usah takut tulisan kamu ntar jelek, nggak usah takut tulisan kamu ntar nggak laku, nggak usah takut wong nggak ada setan juga kan. hehehe.... Intinya gagal itu hal yang wajar, semua itu adalah proses untuk belajar. Kalau kita sering belajar lambat laun kita juga pasti akan menjadi pintar.

     Nah itu tadi 5 tips dari saya agar kita bisa menulis dengan mudah, yah emang agak ngaco sih tapi mudah-mudahan bisa sedikit merubah mindset kita bahwa menulis itu susah.
Pada dasarnya menulis itu emang gampang lho, contohnya artikel ini cuma saya tulis dalam waktu 30 menit. Sedikit ngalamun, ehh tahu-tahu jadi deh nih artikel. Gampang kan, nggak usah dianggap serius jadi otak kita bisa lebih fresh sehingga ide gampang keluar.
Selamat mencoba....
»»  READMORE...

Sabtu, 14 Juli 2012

RASA


Rasa ini, yg kurasakan saat ini, sesuatu yg merangsang otakku.
ahh,,,aku jenuh...!!!
Tapi inilah hidup, tak ada kata "maju" bila kita tidak pernah merasa terpuruk. satu hal yg pasti, aku selalu mencoba survive. walau kadang aku hanya membiarkannya mengalir, tapi aku selalu mencoba memegang kendali atas "perahuku"
whatever lah...inilah rahasia hidup

(Diponk)

»»  READMORE...

HARGA OTAK INDONESIA

Ada suatu kisah di masa depan thn 2122.
Teknologi kesehatan pd masa itu memungkinkan orang utk mengganti otaknya dgn otak lain. hal itu bisa krn sakit,atau ingin ganti suasana pikiran saja.
Saat itu otak manusia diperdagangkan dgn bebas. ditiap negara terdapat toko yg menjual otak dari beragam bangsa.
Berikut Daftar harga otak tiap negara:
amerika: $200 USD
inggris: $400 USD
jepang: $10 USD
israel: $15 USD
cina: $20 USD
INDONESIA: $500 juta USD!!!
Suatu hari ada seorang pembeli yg ingin membeli otak. Terjadilah percakapan antara pembeli itu dengan sang pedagang otak.
"bang beli otaknya satu yg bagus ya...", kata si pembeli
"mau otak dari negara mana,tinggal pilih..", jawab sang pedagang
"Knp harga otak indonesia paling mahal?" tanya seorang pembeli
"oooww itu pasti, itu karena otaknya nggak pernah dipakai, jadi masih orisinil. sedang yg lain sering dipakai jadi udah aus dan jelek kualitasnya".  jawab penjual otak.
"oww begitu tow. ya udah,saya beli otak indonesia 1 pak" tukas si pembeli
»»  READMORE...

Rabu, 11 Juli 2012

MEROKOK=GAUL???

Sebuah pertanyaan yg sering gue dengar kalau gue lagi nongkrong di rest area kantor gue yaitu,
"Loe nggak merokok ponk?"
 dan selalu gue jawab dengan jawaban yg sama,
 "Gue nggak merokok bro,makasih".
Tentu saja banyak temen-temen gue yg bertanya kenapa gue nggak ngrokok.
Cerita tentang sebab gue sekarang nggak ngrokok sangat panjang, mungkin bisa berhari-hari kalo diceritain (halah). Dulu gue pernah merokok juga, gue merokok saat gue masih SMP. Walaupun gak aktif, gue saat itu udah berani coba-coba untuk merokok. mungkin sehari cuma sebatang atau dua batang, yah namanya juga anak SMP uang sakunya paling berapa sih. seingat gue uang saku gue waktu SMP cuma dua ribu rupiah. mungkin untuk saat ini duit segitu cuma bisa buat beli es teh manis doang, tapi jumlah tersebut sudah cukup banyak pas gue masih SMP (ketahuan banget ya tuanya) hehehehe....
Singkat cerita gue udah masuk SMK. Di SMK gue juga masih merokok walaupun juga nggak parah banget. Gue sebenernya sadar akan bahaya merokok, tapi kadang ego bisa mengalahkan akal sehat. Perasaan ingin dihargai oleh temen-temen satu tongkronganlah yang membuat gue nggak bisa berhenti merokok. Semakin hari gue merokok semakin banyak,walau nggak sampai sebungkus.maklum belinya cuma eceran. hehehe...
Saat gue naik kelas 3 SMK gue kenal dengan seorang cewek, sebut saja namanya melati. ciyeee... nama lengkapnya adalah bunga melati putih berseri indah mewangi sepanjang hari. :)))
singkatnya gue akhirnya pacaran sama dia. Gue tahu dia nggak suka sama rokok, jadi gue merokok sembunyi-sembunyi dari dia.
Sebenernya sih gue tahu kalo dia udah tahu kalo gue merokok, soalnya gue mencium bibirnya dengan bibir yang sama dengan yg gue pakai untuk merokok. gue yakin dia tahu, tapi dia nggak pernah ngomongin hal itu ke gue. hingga saat itu terjadi.
Seperti biasa sepulang sekolah gue jemput dia di sekolahnya di daerah Tipes. Sepanjang perjalanan pulang kita isi dengan sendau gurau penuh kemesraan di atas motorku (halah). Gue anterin dia pulang, rumahnya di daerah jombor sukoharjo.
Seperti biasa gue mampir sebentar di rumahnya, mumpung bapak ibunya belum pulang kantor jadi bisa bebas ngapa-ngapain.hehehe...
Waktu itu kami ngobrol di teras depan rumahnya. Dia iseng-iseng buka-buka tas gue. Gue lupa kalo gue nyimpen rokok di tas gue dan tentu saja dia nemuin tu rokok.
Gue sedikit panik waktu itu, tapi lalu gue bilang apa adanya saja ke dia. gue pikir apa sih untungnya bohong, toh dia juga sudah tahu.
"sorry, ya say kalo selama ini aku nggak bilang sama kamu kalo aku merokok. aku takut kamu marah"
"aku nggak marah kok say", jawabnya.
Sumpah, saat itu adalah momen paling akward banget buat gue. gue cuma bisa diam.
"aku cinta kamu apa adanya say", lanjutnya.
"kamu nggak merokok aku suka, kamu merokokpun aku tetep cinta sama kamu, tapi bukankah lebih baik lagi jika kamu juga mencintai tubuhmu sendiri seperti aku mencintaimu sekarang"
DAMN!!!! omongan dia jleb banget di hati gue. orang lain aja sebegitu pedulinya sama kesehatan gue, masa' gue sendiri malah merusaknya.
Mulai saat itu gue janji sama diri gue sendiri untuk tidak merokok lagi. 
Alhamdulillah sudah hampir 8 tahun sejak peristiwa itu terjadi gue nggak merokok lagi. Gue merasa sehat sekarang, bobot gue ideal, wajah gue juga keren (halah) :D
Satu hal lagi gue tetep populer di antara temen-temen gue. hehehe....
Jadi kalo ada yg bilang MEROKOK=GAUL mungkin itu orang bego menurut gue. hehehe...(peace) SALAM OLAHRAGA (9'-')9
:))



Diponk
»»  READMORE...