Rabu, 17 April 2013

MENYONTEK, BAIK ATAU BURUK?

Ujian nasional sudah tiba, anak-anak sekolah pun mulai galau dibuatnya. Mungkin posting ini agak telat soalnya UN udah berjalan dari hari senin kemarin, tapi lebih baik terlambat daripada terlambat banget kan. hehehe...

Bicara soal ujian nggak lengkap rasanya kalo nggak membahas tentang menyontek. Siapa sih yang nggak tahu soal hal ini, bahkan gue yakin kalian semua yang baca postingan ini pasti pernah nyontek. hehehe...
Ibarat kata ujian tanpa nyontek itu bagai sayur tanpa garam, ujian tanpa nyontek itu nggak seru!! Apasih hal yang kalian kenang tentang ujian? pasti hal yang paling kalian ingat adalah tentang usaha kalian dan teman-teman satu ruangan untuk nyontek massal. :D

Berhubung ujiannya udah dimulai jadi sekarang gue nggak mau ngebahas soal Tips Nyontek disini (udah telat soalnya). Disini gue mau ngebahas tentang nyontek itu baik atau buruk?
Banyak yang bilang kalo nyontek itu buruk, dosa, curang, atau apa lagi pokoknya yang jelek-jelek lah. Tapi apa bener kalo nyontek itu buruk, kalo menurut gue sih belum tentu buruk.
Semua amal perbuatan itu tergantung niatnya.
Ada orang yang kelihatannya berbuat baik tapi sebenarnya sedang berbuat jelek, misalnya para calon wakil rakyat atau calon gubernur atau calon presiden yang suka beramal saat kampanye padahal mereka itu beramal cuma untuk pencitraan biar dapet simpati dari rakyat. Ini baik atau buruk?
Ada orang yang suka nyolong atau merampok tapi hasil rampokannya kemudian disumbangin untuk rakyat miskin, misalnya Robin Hood dan Si Pitung. Ini baik atau buruk?

Menurut gue nyontek pun juga seperti itu. Niat awal kita nyontek itu apa sih? Kalo kita nyontek niatnya buat caper sama gebetan atau buat nyombong sama temen sih udah pasti buruk.
Tapi gimana kalo niatnya biar dapet nilai bagus, biar lulus trus kalo kita lulus dengan nilai bagus kan pasti bikin seneng orang tua. Menyenangkan orang tua kan baik, ya enggak?

Pasti ada yang mikir gini, okelah niatnya baik tapi kenapa harus dengan nyontek? kan masih ada cara lain, misalnya belajar lebih rajin atau dengan cara baik lainnya.
Coba kita balik ke masalah Robin Hood, niat si Robin kan baik tapi kenapa harus dengan nyolong atau merampok? kan masih ada cara lain, misalnya jadi petani kek, jualan tahu kek, atau jadi pegawai pajak yang jujur trus penghasilannya disumbangin. Kenapa harus nyolong?

Ini semua adalah tentang rejeki. Rejeki itu di tangan Tuhan, jalannya juga Dia yang nentuin. Kalo si Robin Hood nyolong buat disumbangin itu emang karena rejekinya si Robin di bidang colong menyolong. Sama juga dengan nyontek, mungkin aja orang yang nyontek itu jalan rejekinya adalah lewat nyontek.

Waduh tulisan gue kali ini menyesatkan ya. hehehe... 
Terlepas dari semua hal di atas, semua itu saya kembalikan kepada anda. Mau nganggep nyontek itu buruk ya silahkan, mau nganggep baik ya silahkan. Tapi mau nyontek atau tidak tujuan akhirnya pasti sama, yaitu pengen hasil yang terbaik. Semoga lulus ya :)

SALAM OLAHRAGA (9'-')9
»»  READMORE...