Langsung ke konten utama

MENYONTEK, BAIK ATAU BURUK?

Ujian nasional sudah tiba, anak-anak sekolah pun mulai galau dibuatnya. Mungkin posting ini agak telat soalnya UN udah berjalan dari hari senin kemarin, tapi lebih baik terlambat daripada terlambat banget kan. hehehe...

Bicara soal ujian nggak lengkap rasanya kalo nggak membahas tentang menyontek. Siapa sih yang nggak tahu soal hal ini, bahkan gue yakin kalian semua yang baca postingan ini pasti pernah nyontek. hehehe...
Ibarat kata ujian tanpa nyontek itu bagai sayur tanpa garam, ujian tanpa nyontek itu nggak seru!! Apasih hal yang kalian kenang tentang ujian? pasti hal yang paling kalian ingat adalah tentang usaha kalian dan teman-teman satu ruangan untuk nyontek massal. :D

Berhubung ujiannya udah dimulai jadi sekarang gue nggak mau ngebahas soal Tips Nyontek disini (udah telat soalnya). Disini gue mau ngebahas tentang nyontek itu baik atau buruk?
Banyak yang bilang kalo nyontek itu buruk, dosa, curang, atau apa lagi pokoknya yang jelek-jelek lah. Tapi apa bener kalo nyontek itu buruk, kalo menurut gue sih belum tentu buruk.
Semua amal perbuatan itu tergantung niatnya.
Ada orang yang kelihatannya berbuat baik tapi sebenarnya sedang berbuat jelek, misalnya para calon wakil rakyat atau calon gubernur atau calon presiden yang suka beramal saat kampanye padahal mereka itu beramal cuma untuk pencitraan biar dapet simpati dari rakyat. Ini baik atau buruk?
Ada orang yang suka nyolong atau merampok tapi hasil rampokannya kemudian disumbangin untuk rakyat miskin, misalnya Robin Hood dan Si Pitung. Ini baik atau buruk?

Menurut gue nyontek pun juga seperti itu. Niat awal kita nyontek itu apa sih? Kalo kita nyontek niatnya buat caper sama gebetan atau buat nyombong sama temen sih udah pasti buruk.
Tapi gimana kalo niatnya biar dapet nilai bagus, biar lulus trus kalo kita lulus dengan nilai bagus kan pasti bikin seneng orang tua. Menyenangkan orang tua kan baik, ya enggak?

Pasti ada yang mikir gini, okelah niatnya baik tapi kenapa harus dengan nyontek? kan masih ada cara lain, misalnya belajar lebih rajin atau dengan cara baik lainnya.
Coba kita balik ke masalah Robin Hood, niat si Robin kan baik tapi kenapa harus dengan nyolong atau merampok? kan masih ada cara lain, misalnya jadi petani kek, jualan tahu kek, atau jadi pegawai pajak yang jujur trus penghasilannya disumbangin. Kenapa harus nyolong?

Ini semua adalah tentang rejeki. Rejeki itu di tangan Tuhan, jalannya juga Dia yang nentuin. Kalo si Robin Hood nyolong buat disumbangin itu emang karena rejekinya si Robin di bidang colong menyolong. Sama juga dengan nyontek, mungkin aja orang yang nyontek itu jalan rejekinya adalah lewat nyontek.

Waduh tulisan gue kali ini menyesatkan ya. hehehe... 
Terlepas dari semua hal di atas, semua itu saya kembalikan kepada anda. Mau nganggep nyontek itu buruk ya silahkan, mau nganggep baik ya silahkan. Tapi mau nyontek atau tidak tujuan akhirnya pasti sama, yaitu pengen hasil yang terbaik. Semoga lulus ya :)

SALAM OLAHRAGA (9'-')9

Komentar

  1. Nyontek itu seni, ketika kita harus memahami sandi atau kode dari teman saat ujian. :'))

    BalasHapus
    Balasan
    1. gue pernah ngetwit soal kode itu, 1 jari untuk A, 2 untuk B dan seterusnya. :'))

      Hapus

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

BULLY-ABLE PERSON, NGGAK ADA LO NGGAK RAME

Siapa di antara kalian yang punya genk? atau mungkin teman-teman nongkrong gitu? sudah pasti semua orang punya teman sepenongkrongan (halah). Sudah menjadi kodratnya manusia itu adalah makhluk sosial. Kita nggak bisa hidup sendirian, itulah sebabnya kita butuh orang lain yang bernama teman. Dalam sebuah geng, sudah tentu ada yang dituakan (biasanya yang rambutnya udah ubanan terus dipanggil simbah), dan juga pasti ada seseorang yang kebagian peran sebagai bahan bulan-bulanan atau bully-able person. Ada banyak sekali nama-nama panggilan untuk si bully-able person ini. Berikut ini gue kasih beberapa nama yang menurut gue paling laris di pasar global, cekidot! 1. SI BLACK Nama ini adalah nama yang paling ngetrend di dunia nongkrong-menongkrong. Yang dipanggil kayak gini biasanya orangnya berkulit hitam (yaiyalah), jelek, dan biasanya sih masih jomblo. Bukan bermaksud rasis sih, tapi emang kayak gitu kenyataannya. hehehe... 2. SI GENDUT Nama ini adalah nama yang masuk jajaran 7 na...

Jenis-Jenis PHP

Salam olahraga (,")9 Hai, ketemu lagi dengan seorang pengamat dunia maya yang selalu memberi ulasan menarik bagi kalian semua, tidak lain dan tidak bukan orang itu adalah gue sendiri. hahaha.. Kali ini gue mau membahas lagi tentang PHP, kalo beberapa waktu lalu gue membahas tentang arti PHP, sekarang gue mau jelasin tentang jenis-jenis PHP. Memang sangat dahsyat PHP ini, dalam waktu yang relatif singkat dia sudah bisa berkembang biak menjadi beberapa jenis yang berbeda satu sama lainnya. Apa aja sih jenis-jenis PHP itu, berikut gue jelasin beberapa jenis PHP yang berhasil gue tangkap dan pelajari di dunia maya; cekidot. 1. Friendzone Lo semua pasti sudah nggak asing lagi sama istilah yang satu ini. Friendzone atau zona teman adalah hubungan dua orang yang (harusnya) berbeda jenis kelamin yang sudah sangat dekat, tapi saat salah satu pihak menyatakan pengen maju ke jenjang yang lebih serius lagi ternyata satu pihak yang lain cuma menganggap hubungan mereka sebatas pertemanan...

Arisan Nikah

Suasana dusun Tegalrejo pagi itu mendadak gempar, Katno seorang pemuda tanggung berusia 25 tahun yang sehari-harinya bekerja sebagai tukang parkir di Rumah Sakit Bersalin Harapan Ibu depan terminal itu dijemput paksa oleh aparat desa yang terdiri dari Mas Bambang selaku hansip desa, Pak Jono selaku Pak RT, dan Pak Bondan yang kali ini bertindak sebagai Pak RW. "Bentar-bentar pak.. salahku opo? kok aku diperlakukan layaknya koruptor saja, batinku tersakiti pak", teriak Katno sambil gondelan di tiang depan rumahnya. "udah kamu nurut saja, pokoknya kamu ikut kami ke kantor, eh ke rumah Pak Karman", jawab Mas Bambang sang hansip desa sambil mengayun-ayunkan pentungannya yang wujudnya mirip barangnya Bima. Aku dan Gentho yang menyaksikan kejadian itu hanya bisa melongo. Dengan bekal titah perintah dari ibunya Katno akhirnya kami berdua turut serta menemani sobat kami Katno yang digelandang ke rumah Pak Karman. "kira-kira Katno salah opo ya Mul?", tanya ...