Senin, 16 Juli 2012

MENULIS ITU SUSAH, BENER NGGAK SIH???

     Menulis, sebuah kegiatan yang mungkin menyebalkan bagi anak sekolah. Tapi lewat menulislah kita bisa belajar atau mengungkapkan isi hati atau pikiran kita. Bagi sebagian besar orang mungkin menulis diangap susah. Menulis itu susah mungkin hanya tepat bila yang bilang itu adalah anak TK, yah secara anak TK baru belajar baca tulis. Lantas mengapa orang-orang dewasa juga bilang kalau menulis itu susah? mungkin bukan susah kali ya maksudnya, mungkin lebih tepatnya jika dibilang males. (hehehe...)
     Saya sendiri sebenarnya termasuk golongan orang yang males nulis, apalagi kalau yang ditulis soal pelajaran sekolah. Boro-boro disuruh menulis,membaca saja males. Dulu saat masih sekolah saya lebih memilih foto copy saja bahan yang disuruh untuk dicatat oleh guru saya. Lebih cepat dan tentunya nggak capek.
     Sebenarnya menulis itu mudah, tentu saja ini bagi orang yang hobi nulis dan nggak males. Keuntungan orang yang pinter nulis tuh banyak lho. Kita bisa mempengaruhi orang lain dengan tulisan kita itukan hebat, dan tentunya bisa jadi duit juga lho. Tapi bagi yang nggak bisa nulis atau lebih tepatnya kita sebut males, menulis bisa menjadi momok yang serius dalam proses belajar.
     Apa sih maksud saya nulis kayak gini? weits...sabar anak muda (yang udah tua juga ikutan gapapa). Bagi yang di hidupnya nggak punya keinginan untuk nulis atau males nulis wajib baca artikel ini. Di sini saya akan memberi tips agar kita bisa nulis dengan mudah, biar agak ngawur tapi tips saya ini mudah-mudahan bisa membantu. Berikut ini saya beri tips tersebut:

1.NIAT
     Niat, iya niat. Semua hal pasti harus diawali dengan niat, fardu ain itu hukumnya. Kalo emang nggak punya niat ya nggak usah nulis aja, mending tidur atau hang out dulu siapa tahu ntar nemu inspirasi di jalan sukur-sukur nemu duit juga. heehehee...
2.ALAT TULIS
     Hal ini juga wajib kalian miliki kalo pengen nulis, secara kalo kita nggak punya alat tulis mau nulis pake apaan. Simple aja,cukup sebuah bolpoint atau pensil dan secarik kertas atau buku. Dewasa ini mungkin nulis pake pensil udah nggak jaman lagi. Sekarang lebih simple kita bisa nulis pake laptop atau komputer, tapi harganya itu lho lumayan mahal.
3.JANGAN MALES
     Mungkin ini yang paling susah. Kita sering mentoknya ya sama masalah yang satu ini. Yang namanya males tuh emang musuh besar bagi kemajuan bangsa dan negara, jadi kita harus memusnahkannya dari bumi pertiwi ini.
     Bagaimana cara ngilangin males? kita males tuh pertama karena ngantuk, jadi suplai darah dan oksigen ke otak kita kurang secara denyut jantung orang yang ngantuk sedikit melambat. Supaya kita nggak males caranya dengan melakukan sedikit pemanasan tubuh, yah push up 100 kali atau lari 10 Km mungkin sudah cukup.
4.JANGAN TAKUT UNTUK MENGELUARKAN IDE-IDE GILA
     Kita nulis pake tangan kita sendiri, pake pikiran kita sendiri, pake pensil kita sendiri, pake buku sendiri, pake laptop sendiri, pake baju sendiri, pake celana sendiri, pake sempak sendiri, pake bla bla bla sendiri jadi ngapain takut untuk mengeluarkan ide kita. Nggak usah khawatir sama orang lain, mau suka mau enggak terserah mereka toh kita juga nggak maksa mereka untuk baca tulisan kita.
Satu lagi sebuah hal yang besar seringnya diawali oleh ide-ide gila. Bayangin aja, orang yang nemuin pesawat terbang mungkin dulunya juga dianggap gila kan. Secara bagaimana mungkin mereka bisa menerbangkan besi sebesar itu kalo dipikir-pikir.
5.JANGAN TAKUT UNTUK MECOBA
     Ini penting, yaiyalah...secara kalo nggak dicoba kapan mulai nulisnya? Nggak usah takut tulisan kamu ntar jelek, nggak usah takut tulisan kamu ntar nggak laku, nggak usah takut wong nggak ada setan juga kan. hehehe.... Intinya gagal itu hal yang wajar, semua itu adalah proses untuk belajar. Kalau kita sering belajar lambat laun kita juga pasti akan menjadi pintar.

     Nah itu tadi 5 tips dari saya agar kita bisa menulis dengan mudah, yah emang agak ngaco sih tapi mudah-mudahan bisa sedikit merubah mindset kita bahwa menulis itu susah.
Pada dasarnya menulis itu emang gampang lho, contohnya artikel ini cuma saya tulis dalam waktu 30 menit. Sedikit ngalamun, ehh tahu-tahu jadi deh nih artikel. Gampang kan, nggak usah dianggap serius jadi otak kita bisa lebih fresh sehingga ide gampang keluar.
Selamat mencoba....

Tidak ada komentar:

Posting Komentar