Jumat, 29 November 2013

Mari Membuat Dunia Tersenyum

Kemarin lusa di kantorku aku mengikuti sebuah meeting di jajaran serikat karyawan perusahaan. Sebuah meeting yang lain dari biasanya, kali ini kami membahas bagaimana caranya kita membuat karyawan datang ke kantor dengan wajah ceria dan dihiasi senyuman. Terdengar aneh memang, tapi begitulah adanya. Secara kesejahteraan memang perusahaan tempatku bekerja ini sudah berada di atas rata-rata, jadi saat ini fokus kami sudah merambah kepada hal-hal kecil seperti senyuman karyawan. (kayak kurang kerjaan aja)

Banyak ide dikeluarkan, banyak masukan yang diterima. Senang rasanya bekerja dengan orang-orang pandai dengan sejuta ide cemerlang, walaupun hanya untuk hal sepele seperti ini. Ide pertama yang kita uji adalah dengan menyapa setiap karyawan yang baru datang di depan gerbang sambil membawa poster yang seperti ini


Hari pertama (kemarin) respon karyawan masih diluar ekspektasi kami, ternyata masih banyak karyawan yang enggan membalas sapaan selamat pagi dan senyuman kami. Sedih rasanya, tapi kami tidak menyerah, kemarin siangnya kami langsung meeting evaluasi.

Banyak teman yang mengeluarkan idenya lagi, tibalah saatnya aku mengeluarkan ide gilaku.

"menurut saya sapaan dan poster kita tadi terlalu bertele-tele dan terlalu kaku, karyawan yang datang itu mungkin sudah merasa capek atau bosan di perjalanan, jadi mereka sudah enggan untuk membaca poster kita. Bagaimana jika tulisan dan sapaannya kita persingkat, misalkan dengan ucapan "SELAMAT PAGI, KEEP SMILE" yang sudah familier di telinga kita berkat acara YKS di TransTV, poster kita ganti dengan gambar emoticon smile atau gambar dari LINE yang juga sudah tidak asing lagi bagi semua orang. Intinya adalah kita ingin membuat orang tersenyum, bukan membuat orang untuk membaca".

Semua teman-teman meeting seakan terbuka matanya, mereka salut kepadaku kok bisa terpikir sampai hal itu. Kita lalu sepakat untuk mengaplikasikan ideku ini. Tak sabar rasanya menunggu datangnya hari senin, mudah-mudahan ideku ini sukses.

Membuat orang tersenyum itu bukanlah sebuah perkara mudah. Memang terlihat sepele tapi efek yang ditimbulkan dari senyuman itu sangat besar. Harapan kami jika semua karyawan mengawali harinya dengan tersenyum maka karyawan itu bisa bekerja dengan energi positif dalam dirinya sehingga hasil kerjanya bisa maksimal. Tersenyumlah agar kamu bahagia, jangan hanya tersenyum saat kamu bahagia saja.

"Jika kamu bisa membuat orang lain tersenyum, lakukan. Bumi ini butuh banyak senyuman" - @toiletcafe.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar