Minggu, 05 Januari 2014

S E L F I E

Dunia semakin berkembang, semua aspek kehidupan pun begitu cepat berubah. Tren-tren baru muncul di segala bidang. Dulu ada friendster sekarang ada facebook, dulu ada blog sekarang ada microbloging alias twitter. Bukan cuma sosial media saja yang berevolusi, dunia fotografi pun memunculkan banyak tren baru; salah satunya adalah selfie.

"apa itu selfie?"

Sebenarnya istilah ini bukanlah istilah baku dalam tatanan bahasa indonesia, istilah ini hanyalah istilah yang lazim digunakan di sosial media, tersebar secara getok tular antar teman, dan akhirnya diakui secara luas. Selfie itu adalah seni mengabadikan foto wajah sendiri. Seni? iya seni, karena fotografi itu adalah sebuah seni; walaupun banyak yang bilang selfie itu alay dan norak.

Berdasarkan pengamatan gue, selfie itu bisa dibagi menjadi beberapa jenis atau aliran. Dalam postingan kali ini gue ingin menjelaskan beberapa jenis selfie yang paling sering diterapkan dalam kehidupan sosial media di bumi pertiwi Indonesia ini. Cekidot!

1. Selfiescus Toiletsentris
Selfiescus Toiletsentris adalah seni mengabadikan foto diri sendiri saat berada di dalam toilet. Selfie jenis ini adalah selfie yang paling sering dilakukan oleh khalayak umum. Anak-anak alay biasa melakukan ini di toilet mall, diskotik, dan toilet pribadi mereka sendiri. Terlepas kegiatan apa yang sedang mereka lakukan di toilet itu tidak penting, entah itu mandi, boker, atau cuma manyunin bibir ala burung unta sedang stres di depan cermin itu terserah mereka.


2. Alaynista Upside
Alaynista Upside adalah jenis selfie dimana subjek mengambil gambar dirinya sendiri dari arah atas. Entah pake kamera HP, kamera CCTV atau pake helikopter pribadi itu terserah mereka. Di jagad sosial media pose ini seperti sudah menjadi ciri kaum alay yang paling khas. Kamera HP di atas kepala, mata melirik sedikit ke arah kamera, bibir manyun ala burung unta, dan *JEPREEET* sempurna!


3. Selfie Real Ava
Dari beberapa jenis selfie yang ada, mungkin ini yang paling menarik bagi kita. ((( KITA )))
Selfie real ava adalah selfie yang MENONJOLKAN bagian belahan dada, tentunya bukan cowok yang melakukan ini. Subjek yang melakukan selfie real ava ini biasanya tidak menampakkan wajahnya. Entah karena wajahnya jelek atau bagaimana, atau mungkin saja mukanya rata. Entahlah sampai saat ini hal ini masih rahasia dan masih diteliti oleh NASA.


Itu tadi beberapa jenis selfie yang berhasil gue teliti. Mungkin di luar sana masih banyak lagi jenis lainnya, kalo kalian pengen nambahin tambahin di comment ya. Terlepas dari norak atau tidak, yang namanya selfie itu adalah hak segala bangsa, dan itu juga merupakan salah satu cara seorang anak manusia untuk mengekspresikan dirinya.

Salam olahraga (,")9

3 komentar:

  1. Mas..mas..mbok aku dikenalken ama shinta medina itu mas..nanti tak opahi pulsa rongewu..

    BalasHapus
    Balasan
    1. aku wae ora kenal, coba difollow trus disepik. iseng-iseng berhadiah :D

      Hapus
    2. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

      Hapus